Jumat, 10 Agustus 2012

Semester II, Kalbe Farma Targetkan Pertumbuhan 20 Persen

 JAKARTA, Suarapos.blogspot.com l Saham & Valas -  Direktur-Chief Marketing Officer PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) Ongkie Tedjasurja mengatakan, pihaknya menargetkan pertumbuhan pada semester II-2012 sebesar 18-20 persen, 

"Kita mau pertumbuhannya tetap di atas pasar dengan menargetkan antara 18-20 persen. Kalau 20 persen berarti sebesar Rp 13 triliun," kata Ongkie Tedjasurja di sela-sela peluncuran Kalbe Family Rewards Card di Jakarta, Rabu (8/8/2012).

Menurut Ongkie, Kalbe terus mengeluarkan berbagai macam inovasi produk baru untuk mencapai pertumbuhan sebesar 20 persen. "Tahun ini akan dikeluarkan 15 produk baru.Pada Semester I sebanyak 7-8 produk baru dikeluarkan sedangkan sisanya keluar pada Semester II," kata Ongkie.

Selain inovasi produk, lanjut Ongkie, Kalbe juga akan membuka cabang baru di beberapa daerah serta berharap kepada seluruh karyawannya untuk menjadi orang yang memasarkan  "mulut lewat mulut". "Saya sendiri mempraktekan cara pemasaran seperti "mulut lewat mulut" dengan memberitahukan bagusnya manfaat jus delima yang merupakan salah satu produk Kalbe ke teman saya," ujar Ongkie.

Ongkie menambahkan, pada semester II tahun ini merupakan masa yang terbilang produktif bagi perusahaan untuk menggenjot ekspor. Paling tidak, target yang dipatok mencapai lima persen.  "Kemudian setelah tercapai, kami akan membidik target 10 persen untuk ekspor dari total penjualan," kata Ongkie.

Menurut Ongkie, selain negara-negara di kawasan Asia Tenggara seperti Filipina dan Vietnam, ada kawasan Eropa Timur yang bisa dijadikan sasaran pengembangan ekspor karena pasarnya mulai banyak menyerap produk-produk farmasi. "Kami sudah menjual obat kanker ke Ukraina," kata Ongkie.

Emiten berkode KLBF pada semester I-2012 mencatat angka penjualan mencapai Rp 6,243 triliun. Posisi ini meningkat 26 persen ketimbang periode sama setahun silam.

Dari total penjualan tersebut, sekitar 96,3 persen diserap pasar dalam negeri, sedangkan sisanya diekspor.



Sumber :ANT

Artikel Terbaru